Langsung ke konten utama

9 Rekomendasi Café dan Resto di Sekitar Kampus Unnes

Assalamu’alaikum teman-teman, semoga selalu dalam keadaan sehat yaa. 

 Tiba-tiba kepikiran untuk nulis ini karena beberapa teman japri saya via whatsapp. Memang di area kampus Unnes dan sekitarnya jumlah resto/ café/ burjo/ warteg / warpad a.k.a tempat makan emang menjamur. Kita bisa pilih sesuai menu, lokasi, bahkan bajet. Yup, ini tentang tempat makan/ hang out di area kampus Unnes yang recommended (versi saya) hihi. Sengaja saya hanya ulas tipis-tipis. For more info, bisa langsung cuss cek instagram atau googling ya. 

 1. Doteko Resto 
    sumber: IG @dotekoresto

 Resto ini cocok buat kumpul keluarga, teman, aau kolega. Pertama kali icip menu di sini, langsung berasa cocok di lidah. Berkali-kali ke sini, tapi enggak bosen sama menunya. Well, pilihan menunya memang banyak. Mulai dari olahan seafood, ayam, dan bebek. Ada menu bento, nasi goreng, aneka kwetiaw bihun bakmi, aneka sayuran, steak, pasta, dessert, appetizer, dan aneka minuman. Di resto ini pengunjung bisa memilih ruangan. Ada indoor dengan ac, outdoor, dan semi indoor. Halaman parkir juga luas. Kalau mau datang rombongan, lebih baik reservasi dulu ya biar dapat tempat karena sering penuh di jam-jam makan. 
 Sumber: IG @dotekoresto

 Jam operasional: 10.00 - 22.00 
 Bisa dipesan via gofood, grabfood, shopeefood (doteko) 
 Reservasi: 0853 2777 2577 
 Lokasi: Jl. Taman Siswa no.15 Banaran, Gunungpati, Semarang 
 Instagram: @dotekoresto 

 2. Bomah Resto
sumber: IG @bomah.id

Bagi pecinta mie, dimsum, dan tomyam, bisa deh cobain datang ke resto ini. Namun, Bomah juga menyediakan banyak varian menu seperti nasi goreng, olahan seafood, bento, geprek, olahan mie, olahan sayuran, dessert, appetizer, spesial iga, dan berbagai jenis minuman. Tempatnya homy, nyaman, dan adem karena banyak tanaman hias yang bagus. Ada tempat makan indoor dan outdoor juga yang sama-sama oke. Cocok untuk makan bersama teman atau keluarga. 
sumber: IG @bomah.id

Jam operasional: 10.00 – 22.00 
 Bisa dipesan via go food, grab food, shopee food (Bomah Resto)
 Reservasi: 0813 9220 1688 
 Lokasi: Jl. Taman Siswa no.6 Sekaran, Gunungpati (samping JNE Sekaran) Instagram: @bomah.id 

 3. Atas Kota Coffee & Space 
sumber: IG @ataskota

Mau ngopi cantik, ngobrol sama teman, atau ngerjain tugas kampus di sini? Bisa banget. Bangunannya cakep, ada mezzanine-nya juga yang cozy. Tinggal pilih yang outdoor atau indoor, smoking area atau non-smoking area. Seperti namanya, kafe ini menyediakan segala macam kopi (dengan latte art), aneka rice bowl, olahan ayam, aneka snack (cireng, donat, French fries, lunpia, kebab, banana stik—betewe, saya suka beef mozarela lasagna-nya enak banget), ada aneka minuman kekinian seperti cookies n matcha, red velvet cheese, sparkling gum, mocktail, dll. Di sini kita bisa makan di tempat, pesan antar, atau bawa pulang. 
Jam operasional: 10.00 - 00.00 
 Bisa dipesan via go food, shopee food, grab food 
 Reservasi: DM instagram @ataskota Lokasi: Gg. Kedawung V, Patemon, Gunungpati
 Instagram: @ataskota 

 4. Lemon Grass
 Bagi teman-teman yang suka menu shabu-shabu, bisa cus datang ke resto ini. Resto yang bersebelahan dengan burjo Meisya Semarang ini seingat saya buka saat pandemi covid-19. Resto yang punya cabang di Sragen dan Ungaran ini hanya ada indoor, tapi asiknya kita bisa memilih duduk di kursi atau lesehan menggunakan bantal sebagai alas duduk. Ruangan cukup luas dan nyaman dengan fasilitas free wifi dan mushola, dan toilet. Dulunya ada ruangan ber-AC yang bisa diboking tanpa ada tambahan biaya, namun ruangan tersebut sekarang dialihfungsikan sebagai mushola. Alhamdulillah, jika pas datang waktu shalat, kita bisa sholat dulu di sana.  
Sumber: IG @lemon_grass90.111

Beberapa kali saya dan keluarga menjadikan resto ini sebagai tujuan karena ada menu favorit yaitu pizza. Pizzanya enak dan enggak eneg. Selain itu ada beberapa varian menu yang bisa dicoba seperti aneka Iga & BBQ, aneka menu ayam goreng, aneka burger & spaghetti, paket shabu-shabu & noodle, aneka steak, bebek goreng, sup iga, sei sapi, sate ayam bumbu kecap, nasgor, cah kangkung hot plate, smoked chicken, dan fish n chips. Minumannya juga lengkap, ada aneka jus, aneka cocktail, aneka hot coffee, dan aneka iced coffee. Harga belum termasuk pajak 10%. 
sumber: motiv_sang pion
Jam operasional: 11.00 - 21.00 
 Bisa dipesan via go food, grab food, pesan antar gratis. 
 Reservasi: 0852 2600 5889 
 Lokasi: Jl. Mr. Koesbiyono Tjondrowibowo no.4-11 Sekaran (depan Alfamart) Gunungpati
Instagram: @lemon_grass90.111 

 5. Bento Kopi 
Bento Kopi adalah kedai kopi yang sudah memiliki banyak cabang. Café ini bisa dibilang baru sebab baru launching tanggal 31 Mei 2022 kemarin. Meski begitu, pengunjungnya wow banget, tumpah ruah.
 Mengusung konsep kafe yang luas, nyaman, dan menyatu dengan alam, kedai ini cocok banget buat acara berkumpul keluarga, reunian, rapat, nugas, atau sekadar melepas penat. Suasana yang adem, bersih, dan rapi, bikin kami betah. Di Bento Kopi cabang Unnes ini, ada life musiknya juga, toilet dan mushola yang bersih, ruangan indoor ber-AC, outdoor, dan parkir yang luas. Ini dia menu-menunya yang ramah kantong, hihi. 
Jam operasional: 9.00 - 23.30
Lokasi : Jalan Raya Banaran, Gunungpati Instagram: @bentokopiindonesia 

 6. Keizai Coffee & Garden 
sumber: IG @keizaicoffee

Buat teman-teman yang suka café ala Jepang gitu, Keizai adalah pilihan yang tepat. Kafe yang baru soft launching tanggal 11 September 2021 ini menyuguhkan keindahan dan kenyamanan. 
sumber: IG @sigitridhwan

Model bangunan, taman, bangku, dan tanaman ditata sedemikian rupa hingga pengunjung merasa nyaman. Hidden gems bisa nemuin kafe ini. Kita bisa memilih tempat duduk di bangku taman, kursi kayu, ataupun bersanti di bean bag. Toilet dan musola pun available. Adapula life music yang siap menghibur pengunjung. 
sumber: IG @keizaicoffee

Kafe ini menawarkan pilihan menu makanan dan minuman yang unik, misalnya minuman tea based dengan pilihan rasa seperti yuki ichigo, kenkyo raichiti, heiwa ringo, dan pine aijo. Pilihan kopinya juga banyak (sakura latte, espresso, cappuccino, afogato, shizuka all variant, dll) Hidangannya pun variatif seperti pasta, ricebowl, masakan nusantara, snacks, chahan (nasi goreng) dll. 
sumber: IG @sigitridhwan

Jam operasional: 10.00 am- 10.00 pm (Senin-Jumat) 
 10.00 am- 11.00 pm (Sabtu-Minggu) 
Bisa dipesan via go food, shopee food, grab food 
Reservasi: 0895 1376 7397 
Lokasi: Jl. Munasari, Pakintelan, Gunungpati 
Instagram: @keizaicoffee 
Website: www.keizaicoffee.com 

 7. Kopi Joss n Milk Resto 
Kedai kopi ini mengusung konsep alam. Berdiri sejak tahun 2015 hingga sekarang terus renovasi dan berinovasi untuk kenyaman pengunjung. Resto ini cocok untuk keluarga dan juga anak muda. Biasanya saat akhir pekan penuh dengan pengunjung. Fasilitas yang di resto ini cukup lengkap yaitu lahan parkir yang luas, toilet dan mushola, tempat bereksplorasi dan bermain yang ramah anak. Ada ayunan, jaring-jaring, persewaan otopet dan kuda. Untuk persewaan kuda tarifnya 25k untuk dua kali putaran. Selain bermain, anak-anak juga bisa melihat ayam kalkun dan merpati, juga kandang kuda yang berderet. Jika malam hari biasanya ada life music yang menghibur pengunjung. 

Meski kita bisa piknik ala ala di sini, kita tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar. 
sumber: IG @kopijossnmilk.gunungpati

 Jam operasional: 10.00 – 23.00 
 Bisa dipesan via go food, grab food, shopee food Reservasi: - 
 Lokasi: Jl. Koesbiyono Tjondrowibowo, Mangunsari, Gunungpati 
 Instagram: @kopijossnmilk.gunungpati Youtube channel: Kopijoss n Milk 

 8. Akhtara Coffee & Eatery 
sumber: IG @akhtara.coffeeaatery

Satu lagi tempat makan yang keren, nyaman, dan luas di Unnes area. Meskipun lokasi kafe ini masuk gang kecil, tapi vibes-nya dapet banget. Tinggal pilih tempat duduk sesuai selera. Bisa di ruangan indoor ber-AC, di luar juga syahdu ditemani gemericik air dari kolam ikan. Kafe ini juga ramah anak sebab ada kids corner yang membuat anak happy bermain di sana. Selain itu toilet dan mushola juga luas dan bersih. 
sumber: IG @akhtara.coffeeatery

Kafe ini menawarkan menu hidangan yang lengkap dan variatif. Nusantara course (nasi campur Bali, tumis cumi pedas, nasi goreng kampung sekaran, sop iga bakar, nasgor ebi cabai hijau, nasgor seafood, mie rawon iga, rawon iga sapi, tongseng ayam pedas, rica ayam akhtara, asem daging sapi). Adapula olahan ayam dan dori, olahan mie, masakan asia (kungpao, fuyunghai, tomyam, beef gyudon, kwetiaw, capcay, dan katsu), dessert, appetizer, camilan nusantara (pisang bakar, mendoan, tahu walik, dan pisang goreng). Minumannya pun banyak pilihannya seperti aneka coffee mocktail, aneka jus buah, aneka espresso based, aneka manual brew, aneka mocktail, aneka non-coffee, aneka teh dan minuman tradisional. 
sumber: IG @akhtara.coffeeatery

 Jam operasional: 10.00 - 23.00 (Senin-Jumat) 
 10.00 – 24.00 (Sabtu)
 09.00- 24.00 (Minggu) 
 Bisa dipesan via go food, shopee food, grab food 
Reservasi: 0813 2510 6443 
Lokasi: Jl. Cempaka Sari IV, Sekaran, Gunungpati
 Instagram: @akhtara.coffeeatery 

 9. Bersua at the Heights 
sumber: IG @bersuaattheheights

 Pemilihan hastag #StoryinScenery kiranya bukan tanpa tujuan. Nama Bersua at the Heights pun sangat mewakili lokasi yang memang menonjolkan keindahan pemandangan. Dari halaman parkir, lalu naik ke halaman outdoor, pemandangan kota Semarang memang menakjubkan. Bahkan ketika hari cerah, tampak kapal berlayar dari kejauhan. Pemandangan akan lebih jelas lagi jika kita naik ke lantai dua. Wah, semakin keren deh. 
sumber: IG @bersuaattheheights

Waktu saya dan keluarga kesini pertama kali setelah launching, resto ini bahkan dijadikan lokasi syuting. Hihi menunggu pesanan datang sembari mengamati proses syuting. Hmm, seru juga. 
sumber: IG @bersuaattheheights

Resto ini menawarkan pilihan menu makanan dan minuman yang sangat variatif. Ada aneka espresso based, aneka espresso milk based, aneka manual brew, aneka cold brew series, aneka bersua blended, aneka bersua choco, aneka bersua mocktail, aneka bersua tea, dan aneka bersua hot series. Hidangannya juga macem-macem seperti aneka western n steak, aneka rice party, aneka rice n noodle, aneka Indonesian food, aneka classic pasta, aneka signature soup, aneka dimsum, aneka burger n toast, aneka dessert, dan aneka appetizer. Saking banyaknya sampai bingung mau order yang mana hihi. Oh ya ordernya scan barcode yang ada di meja ya. Jadi enggak ada buku menu. 
sumber: IG @bersuaattheheights

Jam operasional: 10.00 - 23.00 (Senin-Kamis)
 09.00- 23.00 (Jumat-Minggu) 
 Bisa dipesan via go food, shopee food, grab food 
Reservasi: 0812 2939 1338 
 Lokasi: Jl. Gebyog Raya, Patemon, Gunungpati
 Instagram: @bersuaattheheights 

 Nah itu tadi sembilan café dan resto yang recommended di area kampus unnes. Insyaa Allah halal. Semoga kalau pas main-main ke unnes, nggak bingung lagi mau brunch, maksi, atau makan malam dimana. Semoga postingan ini bermanfaat ya. Thank u.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Resensi) Novel Guru Aini: Tentang Cita-Cita, Keberanian, dan Idealisme

Judul                : Guru Aini Penulis              : Andrea Hirata Penerbit            : Bentang Pustaka Cetakan            : pertama, Februari 2020 Jumlah hal        : 336 halaman ISBN                : 978-602-291-686-4 sumber: www.mizanstore.com             Gadis lulusan terbaik itu bernama Desi. Jelita, jangkung, dan cerdas bukan buatan meski berkemauan kuat dan berkepala batu. Orangtuanya juragan terpandang. Dengan berbagai anugerah itu, Desi bisa menjadi apapun yang dia inginkan. Namun tak dinyana, di usianya yang baru 18 tahun, dia sudah mengambil keputusan besar dalam hidupnya. Desi ingin mengabdi di pelosok desa sebagai guru matematika sebab negeri ini kekurangan guru matematika. Desi tak sedikitpun tergiur oleh karir-karir menjanjikan di luar sana. Menjadi guru adalah panggilan jiwa.             Sang ayah memberikan hadiah sepasang sepatu olahraga untuk Desi untuk menggapai cita-citanya. Sepatu isti

Resensi Novel 'mengejar-Ngejar Mimpi' Dedi Padiku

Judul Buku       : Mengejar-Ngejar Mimpi Penulis              : Dedi Padiku Penerbit            : Asma Nadia Publishing House Jumlah halaman: 324 halaman Tahun Terbit    : Mei 2014 Jungkir Balik Demi Mimpi             Kisah ini berawal dari impian. Mimpi seorang pemuda lugu bernama Dedi yang sejak kecil ditinggal orangtua. Ia menjadi sopir angkot demi bisa makan dan membiayai sekolah. Ia dipertemukan dengan sahabat-sahabat terbaik dan cinta pertama yang kandas, bersamaan dengan kelulusan sekolah.               Mimpinya untuk menjadi orang sukses tak pernah padam, meski suratan nasib mempermainkannya begitu kejam. Meski begitu, ia harus berjuang. Menjemput mimpi untuk bekerja di Jepang. Lagi-lagi, jalan takdir membelokkan arah hidupnya. Ia harus merasakan kembali menjadi sopir, kuli panggul, dan menantang kerasnya hidup di kota Palu dan Manado. Lantas, ibukota pun didatanginya dengan modal nekat, juga sempat berkhianat. Demi bertahan hidup di Jakarta, pekerjaa

Nussa, Film Islami Edukatif yang Menyentuh Hati

Bismillah… Petang kemarin kami berkesempatan untuk nonton film Nussa bareng anak-anak dan ponakan juga. Sudah lama kami menunggu film Nussa tayang di bioskop. Namun, sejak pandemi covid-19 menghantam dunia dan bioskop tutup, kami berharap agar bisa nonton suatu hari nanti.   Film Nussa adalah sebuah karya anak bangsa yang harus diapresiasi. Sejak kehadiran kisah Nussa Rarra di channel YouTube, sudah menyedot banyak perhatian. Tak hanya anak-anak tetapi orangtua pun suka dengan karakter Nussa dan Rarra yang solih, ceria, dan menggemaskan. Tak heran, penayangan film ini benar-benar ditunggu. Sejak rilis tanggal 14 Oktober 2021, anak-anak sempat patah hati saat tahu hanya anak 12 tahun ke atas yang boleh nonton. Beberapa hari kemudian, saat lihat di instagram @nussaofficial bahwa anak-anak di bawah 12 tahun boleh nonton, mereka pun bersorak. (noted: ketentuan tersebut berlaku sesuai level PPKM di setiap daerah. Kota Semarang sudah PPKM level 1) Ini pertama kalinya kami menginjakkan