Langsung ke konten utama

Resensi Buku 'Menggali Pundi Pundi lewat Tren sosial Media' di Tribun Jateng


Judul buku      : Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Sosial Media
Penulis             : Astrid Savitri
Penerbit           : Charissa Publisher
Jumlah halaman: 232 halaman
Cetakan           : Pertama, 2019
ISBN               : 978-602-5480-73-7

 
Menjadi Influencer dengan Memanfaatkan Sosial Media
           
            Di era digital sekarang ini, dunia nyata dan dunia maya tak lagi berjarak. Begitu mudahnya kita terhubung dengan orang lain meski berada di belahan bumi lain. Keberadaan sosial media memudahkan manusia berinteraksi satu sama lain tanpa bertatap muka. Hanya dengan ketik demi ketik di layar smartphone, manusia bisa tahu kabar kawan lama, keluarga yang jauh, bahkan melakukan transaksi jual beli dengan orang yang tidak dikenal.
            Keberadaan sosial media memang serupa pisau bermata dua. Pro kontra media sosial sepenuhnya bergantung pada bagaimana kita menggunakannya. Namun, penting juga untuk mempertimbangkan berbagai pendapat agar terhindar dari berbagai komplikasi. Sangat penting bagi kita untuk memverifikasi sumber dan kebenaran, bukannya mengambil semua yang kita lihat di media sosial sebagai fakta (hal. 35)
            Kemunculan sosial media seperti facebook, youtube, twitter, dan instagram memberikan ruang dan kesempatan tanpa batas bagi penggunanya untuk bereksplorasi. Selain mendapatkan informasi tentang hal-hal menarik yang mendukung hobi, passion, dan pekerjaan, sosial media juga membuka peluang besar untuk mendapatkan penghasilan dan ketenaran. Begitu banyak lahan pekerjaan yang tak terbayangkan sebelumnya, bermunculan. Pengguna/ pemilik akun bisa memanfaatkan sosial media sebagai youtuber, selebgram, blogger, vlogger, dan influencer.
            Menjadi influencer marketing adalah potensi karir yang menjanjikan. Itu adalah konsep iklan pemasaran yang berbasis konten modern yang merupakan kolaborasi antara brand dan influencer. Seperti namanya, influencer berarti orang yang memiliki pengaruh dalam pemasaran suatu produk. Seorang yang dikenal dan dikagumi oleh puluhan ribu/ratusan ribu/jutaan followers-nya adalah target yang diincar perusahaan.
            Influencer adalah mereka yang telah menghabiskan waktu untuk membangun branding mereka sendiri dan membina interaksi dengan follower-nya. Oleh karenanya, sudah pasti mereka akan melindungi reputasinya, juga orang-orang yang sudah mempercayai mereka. (hal. 47)
            Buku ini membahas secara detil tentang seluk beluk menjadi influencer sosial media. Sebagai contoh mengenal konten-konten yang trending di youtube, membuat video yang mencerminkan keahlian dan citra diri, membuat thumbnail yang bagus, dan sebagainya. Selain youtube, penulis juga memberikan langkah-langkah menjadi influencer di Instagram, facebook, dan twitter, lengkap dengan bagaimana menjaga good attitude saat berada dalam ketenaran.
            Buku panduan yang enak dibaca dan aplikatif. Memberikan wacana menyeluruh tentang tren sosial media yang tak terpisahkan dari kehidupan kita saat ini serta mengoptimalkan penggunaannya secara positif.


 *dimuat di Tribun Jateng edisi Minggu, 15 September 2019


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menghafal Qur’an beserta Artinya dengan Metode Al Jawarih

Assalamu'alaikum teman-teman, Menjadi ‘hafidz/hafidzah’ tentu impian dan harapan umat muslim ya. Kalaupun diri sudah tidak merasa mampu dan efektif untuk menjadi penghafal (mungkin karena faktor U hehe), tentunya kita berharap bahwa anak kita bisa menjadi hafidz/hafidzah. Aamiin.
Dalam mewujudkan impian untuk ‘menjadikan’ anak salih salihah yang tak sekadar hafal qur’an, tetapi juga memiliki akhlak Al qur’an, artinya sebagai orangtua kita harus mengupayakan dengan doa dan ikhtiar yang panjang. Sebab tak ada cara instan. Semua membutuhkan proses. Saya sering menemukan dalam sebuah buku bahwa pendidikan anak dimulai dari saat pencarian jodoh. Sebab anak berhak untuk memiliki ayah dan ibu yang solih/ah dan cerdas. Baru setelah menikah dan terjadi kehamilan, pendidikan selanjutnya adalah di dalam kandungan. Setelah si bayi lahir, pendidikan itu terus berlangsung hingga meninggal. Never-ending-chain dalam belajar ya. Pada suatu kesempatan, perumahan kami kedatangan tamu yaitu ustadz Irf…

Ngumpul Seru Sekeluarga di Angkringan Mbah Dharmo

Assalamualaikum man teman,
Hari Minggu tanggal 24 Desember 2017 lalu, pertama kalinya kami mengunjungi Angkringan Mbah Dharmo di Ambarawa. Beberapa bulan lalu, saat saya lewat jalan lingkar di malam hari, ada kerlip lampu dari kejauhan. Indah banget. Saya pikir tempat itu semacam cafe alias tempat nongkrong kekinian gitu. Rasa penasaran saya terjawab sudah ketika adik saya mengajak kita semua ke sana. Agendanya ngumpul bareng. Syukuran ulangtahun adik ipar , juga anniversary pernikahan adik yang kelima plus rencana mau memberi kejutan buat ibu. Haha paket lengkap alias all in deh. Mother’s day memang sudah lewat dan kamipun nggak merasa harus merayakan hari ibu. Cuma sesekali ingin memberikan semacam penyegaran buat ibu dari pusingnya membuat raport kurtilas. Hehe.

Kami datang sekitar jam 10.30. Dari jalan lingkar, kami memasuki jalan menuju lokasi. Kanan kiri berupa hamparan sawah. Sebagian padi menguning siap dipanen. Sebagian lainnya baru saja tumbuh dengan warna ijo royo-royo yang …

Resensi Buku 'Andai Aku Jalan Kaki, Masihkah Kamu Selalu Ada Untukku?' @Buletin Pustaka